81 / 100

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Behel Gigi – Behel seringkali disebut sebagai kawat gigi yang disebut sebagai alat berbasis kawat digunakan oleh orthodontist dalam memperbaiki gigi yang bertumpuk maupun rahang yang tidak rata. Ternyata banyak remaja yang tertarik menggunakan behel. Tidak hanya untuk memperbaiki gigi saja, namun juga dijadikan sebagai fashion penunjang penampilan.

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Behel Gigi

Apabila berencana menggunakan behel, maka pertimbangkan kelebihan dan kekurangannya terlebih dahulu. Kelebihannya yaitu:

  1. Melindungi Gigi

Pemasangan behel dapat melindungi gigi, terutama bagi orang yang mempunyai pola gigitan tidak rata atau mengalami masalah orthodontic yang lainnya. Pada biasanya kondisi seperti ini seringkali menimbulkan gigi menonjol depan, kerusakan pada gigi, maupun masalah gigi dini.

  1. Meningkatkan Kesehatan Gigi

Kawat gigi bisa mengatasi permasalahan orthodontic seperti plak, gigi tidak rata, gigi tidak beraturan, penyakit gusi, atau yang lainnya. Penggunaan behel bisa menyelaraskan struktur gigi dan meningkatkan kebersihan gigi.

  1. Terlihat Lebih Rapi

Secara umum pemasangan behel atau penggunaan kawat gigi memang bisa meningkatkan penampilan di keseluruhan gigi. Gigi yang tidak rata dapat diperbaiki dan terlihat lurus Setelah pemakaian kawat gigi. Siapapun yang menggunakan kawat gigi ternyata bisa merasakan percaya diri karena bisa mengekspresikan senyumnya secara terbuka.

Di balik dari kelebihan yang ada di atas, ada beberapa kekurangan seperti berikut:

  1. Mengalami Cidera

Benturan antara mulut dan gigi yang ditutupi dengan kawat seringkali menggores di bagian pipi maupun bibir. Sementara bracket dan kawat yang terlalu longgar atau mengalami kerusakan bisa menggores maupun mengiritasi bibir, gusi dan pipi. Sebaiknya Anda ikuti dokter gigi hal yang perlu dilakukan supaya tidak mengalami cidera.

  1. Rasa Tidak Nyaman

Di setiap individu yang baru pertama kali memasang kawat gigi pastinya bisa merasakan ketidaknyamanan. Terutama tenaga gigi dalam menggigit atau mengunyah makanan. Sementara bagian behel bisa menggesek pipi, bibir maupun lidah dan seringkali menimbulkan nyeri.

  1. Kerapian Gigi Tidak Permanen

Siapa sangka bahwa pemasangan kawat gigi tidak bisa memberikan efek permanen. Hal ini bisa dilihat dari bentuk gigi yang kembali ke semula setelah behel dilepas.

  1. Menyelesaikan Masalah Makan

Mempunyai gigi yang tidak rata ternyata dapat menimbulkan kesulitan menggigit ataupun mengunyah makanan. Apabila tidak segera diperbaiki maka dapat menimbulkan permasalahan gigi maupun pencernaan.

Oleh sebab itu pemasangan kawat gigi dapat menyelesaikan permasalahan tersebut. Disarankan untuk berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu sebelum proses pemasangan Karena untuk setiap orang pastinya mempunyai kondisi gusi dan gigi yang berbeda.

Pemasangan kawat gigi memang menjadi daya tarik banyak para masyarakat, karena bentuknya yang unik dan seringkali dijadikan sebagai solusi agar tampil lebih trendy. Ditambah lagi dengan adanya berbagai pilihan warna karet dan bentuk maka menjadikan para anak muda ingin melakukan pemasangan behel. Sementara behel tidak hanya digunakan untuk perawatan kesehatan gigi saja, namun juga bisa digunakan sebagai fashion.

Tertarik untuk memasang behel gigi? di Dokter Gigi Alldentcare sedang Promo Behel Gigi mulai 3,2 jt sudah termasuk konsultasi dokter gigi, biaya cetak dan pemasangan behel gigi untuk 2 rahang. kamu bisa langsung reservasi dan lebih lanjut dapat mengunjungi halaman behel kawat gigi

Open chat